4 Langganan Aplikasi yang Paling Bermanfaat Bagi Gue | #30hbc2312

Gerakan berantas penggunaan aplikasi bajakan (GEPRAK) kayaknya udah berhasil. Sekarang ini pun, pos anggaran keuangan gue nambah satu, yaitu anggaran langganan aplikasi atau layanan digital.

Walau di dunia digital ini banyak yang gratis, pada akhirnya kita butuh fitur-fitur atau layanan yang lebih canggih dan menyeluruh. Dan kita rela bayar untuk ngedapetinnya.

Ternyata, langganan aplikasi atau layanan digital itu bikin idup lebih seru dan gampang. Sejauh ini, ada beberapa aplikasi atau layanan yang gue selalu perpanjang. Entah itu buat hiburan, maupun untuk produktivitas, yaitu:

1. Spotify

Karena gue suka dengerin lagu sambil kerja maupun pas lagi waktu luang, jadi gue pengen bisa nikmatin musiknya tanpa batasan. Gak keganggu iklan. Makanya gue langganan Spotify, pake paket berdua, bareng sama istri.

    Selain itu, gue suka Spotify karena lagunya lengkap bener. Rekomendasi yang mereka tawarkan juga selalu cocok! Baik itu rekomendasi lewat mesin, maupun lewat Playlist bikinan music director-nya lengkap banget.

    2. YouTube

    Anak gue suka nonton YouTube. Gue gak tega banget kalo dia lagi asik nonton terus tiba-tiba muncul iklan. Lagi asik karaoke Cocomelon, eh jadi nyanyi jinggle Shopee.

    Yang nyebelin dari sistem iklan YouTube adalah, kita bisa tiba-tiba dapet iklan yang random banget. YouTube akun gue sering banget tiba-tiba dapet iklan produk India yang durasinya lebih dari 2 menit.

    Demi pengalaman nonton yang hakiki, maka gue langganan YouTube Premium. Sekalian yang paket Family. Yang gue daftarin adalah akun TV rumah, akun pribadi gue, dan akun istri. Masih sisa dua slot nih belum ada yang isi. Gue jual di Twitter apa yah? wkwk

    3. WordPress

    Gue langganan WordPress paket personal yang paling murah. Rp 500 ribuan per tahun. Paket basic ini sebenernya masih banyak banget batasannya. Tapi gak apa-apa dah senggaknya gue bisa pasang domain sendiri, dan dapet fitur-fitur lainnya.

    Sejauh ini gue udah langganan WordPress dua tahun dan bakal berlanjut. Sebelumnya gue ngeblog di Blogspot. Tapi setelah nyobain WordPress gue ngerasa Blogspot itu culun banget. Karena itu, gue rela bayar WordPress sebagai apresiasi juga deh karena udah nyediain fitur yang gak ada di Blogspot.

    Dengan langganan WordPress gue juga jadi lebih terpacu buat rutin ngeblog. Udah bayar, masa kagak diisi! Haha

    4. Google One

    Gue baru banget langganan Google Drive / Google One dua bulan lalu. Sebenernya udah tau kalau Google Drive itu bisa nambah space. Tapi saat itu gue belum nemuin manfaatnya buat gue. Masih nyaman nyimpen foto-foto gue di hardisk external aja.

    Tapi, beberapa temen gue di kantor sangat ngerekomendasiin. Mereka cerita betapa terbantunya mereka sama cloud storage. “Gue jadi gak pernah keabisan memori hape,” kata seorang teman yang sekarang jadi pegiat Tiktok.

    “Pengarsiapn foto jadi lebih enak. Fitur Google Photo juga canggih-canggih tau,” kata seorang temen yang videografer.

    Maka, gue pun langsung cek harga paketannya. Ternyata murah! Cuma Rp 20 ribuan per bulan. Gue pun langsung coba dan ketagihan!

    Sekarang ini, semua file yang ada di HD gue pindahin satu persatu ke cloud storage. Ngeliat-liat foto dari jutaan tahun lalu beneran jadi lebih enak.

    Gue juga jadi lebih gampang akses foto yang ada di galeri hape karena hasil jepretan kamera hape langsung ke upload ke cloud dan bisa gue akses lewat laptop.

    O ya, langganan Google One juga banyak bonusnya, lho. Pertama, bisa Google Meet tanpa batasan jam. Kedua, dapet saldo Google Play senilai Rp 65 ribu. Mayan banget buat pake beli e-book.

    Selain itu, ada juga aplikasi yang dulunya gue langgan, tapi sekarang udah gue tinggalin, yaitu: Journey, aplikasi nulis diari gitu deh. Gue tinggalin karena sekarang ini gue jatuh cinta banget sama Notion! Nulis jurnal jauh lebih enak dan rapih. Banyak banget fiturnya buat organizing atau pun bikin-bikin konten lainnya. Terbaik lah.

    Gue pake Notion berbayar di akun kantor. Tapi untuk akun personalnya masih pake yang gratisan, dan itu cukup.

    Kalo kalian gimana, aplikasi apa yang kalian subscript sampai sekarang?

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: