“Permisi, Paket!!!” – Prolog 30 Hari Bercerita 2023 | #30hbc2301

Tukang paket lagi sortir paket di kantornya

Hubungan gue sama kegiatan tulis-menulis itu ternyata penuh benci dan cinta. Seringkali gue ngerasa kalo menulis adalah jalan ninja gue, sampe-sampe gue pernah bilang kalo selamanya gue bakal jadi penulis. Tapi gak jarang juga gue ngerasa susah banget untuk mulai menulis. Untuk mulai tulisan yang lagi kalian baca ini aja, gue butuh waktu dua hari buat mantepin ide dan niat.

Emang sih, menulis itu bikin gue puas. Tapi, itu bukan berarti gue gak pernah bosen. Sering banget ngerasa jengah bin suntuk bin kusut banget tiap kali harus mikirin gimana cara bikin tulisan yang menarik, atau senggaknya tulisan yang gak gue sesali kemudian.

Menulis adalah kesenangan. Menulis adalah tantangan.

Konon, buat menjaga kewarasan, kita tuh butuh a good stress. Menghadapi tekanan, bikin kita memaksimalkan potensi diri. Nah, bagi gue, tekanan yang berfaedah itu adalah nulis.

Karena itu gue mau ikutan #30haribercerita lagi dan lagi Januari ini. Gue mau rutin nulis blog lagi. Nyeritain hal-hal yang gue suka dan penting bagi gue.

Kalo dipikir-pikir, gue suka menulis karena bisa proses menulis itu kayak kerjaannya tukang paket. Sebelum berangkat nganter paket, dia kudu ngeliatin satu-persatu paket lalu dia kelompokkan berdasarkan alamat tujuannya ke kotak-kotak yang dia udah sediain. Abis itu dia susun di tasnya berdasarkan urutan anter. Yang anternya belakangan, dia taro di paling bawah. Dengan begitu, proses pengantarannya jadi lebih cepet dan lancar.

Proses menulis juga sama, kita ngelakuin decluttering: merhatiin satu-persatu uneg-uneg di kepala kita, mensortir mana pesan yang mau disampaikan mana yang dikesampingkan dulu, lalu kita susun alurnya dan masukin ke kemasan cerita.

Setiap buah pikiran itu kayak paket. Dan menulis itu kayak proses mengirim paket untuk diri sendiri. Seringnya kita kagak tau persis apa yang bakal jadi isi paket itu. Ketika tulisan udah kelar dan abang kurir di kepala kita ngasih sinyal, “Permisi, paket!!!” Kita pun bakal nyambut, lalu antusias ngebukanya sambil berkata, “Wah ini lah diriku!”

Seperti tahun kemarin, gue bakal ikutan #30haribercerita di blog. Kenapa gak di Instagram? Hmm ada beberapa alesan sih. Pertama, gue pengen menghidupkan blog gue ini. Kedua, gue pengen menulis lebih luwes. Ternyata sampe sekarang gue masih belum cukup lihai menata prasangka. Bercerita di Instagram bikin gue jadi terlalu mikirin impresi orang-orang tertentu dan itu bikin gue keder sendiri. Biarkan cerita-cerita gue ini jadi kayak artefak di museum aja. Kalau ada yang mau ngeliatnya ya mesti mampir, gak bisa ditemui begitu saja di jalanan.

Kabar baiknya, tahun lalu gue ikut #30haribercerita di blog juga dan bisa menyelesaikannya dengan baik tanpa ada bolong-bolong!

Jujur, gue agak takut bingung mau cerita apaan aja nanti. Karena itu gue mulai bikin daftar idenya dari sekarang. Kira-kira, hal-hal ini lah yang bakal gue ceritakan sebulan ke depan:

  • Cerita sehari-hari. Mungkin bagi kalian remeh dan receh, tapi bagi gue seru~
  • Cerita keluarga. Anak gue, si #rkecil, makin menjadi-jadi. Ada banyak cerita selama kami main dan tumbuh bersama.
  • Ulasan buku atau film. Biar buku gak berakhir di halaman terakhir, gue berencana berbagi cerita tentang buku yang gue baca. Begitu juga film. Gue lagi suka nonton anime nih sekarang!
  • Wawasan di dunia tulis-menulis dan konten. Gue udah lama menggeluti dunia ini, tapi gue jarang berbagi. Siapa tau dengan sharing wawasan-pengalaman gue jadi belajar lagi.
  • Uneg-uneg lainnnya. Sebagai orang yang hobi mikir, izinkan saya menumpahkan sedikit uneg-uneg tentang hal-hal yang ada di sekitar.

Terlihat serius sekali bukan? Biasa kalo udah kelewat serius gini, di tengah jalan kehabisan bensin nih, terus melipir. HAHA. Doain lancar. Doain waras!


Makasih udah baca cerita gue. 🙂 Kalau mau mampir ke tulisan-tulisan lain, yuk mari:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: