SAYEMBARRA: Media Baik

Atas nama iseng, saya membuat Sayembarra, semacam ajang kompetisi  di Instagram dengan hadiah kecil-kecilan khas dari saya. Ini adalah kali pertama. Tema yang saya angkat adalah Media Baik. Pesertanya mesti anak SMA, ya karena saya punya mendampingi HAI School Crew jadi dekat dengan anak SMA. Tapi lebih dari itu, saya pengen tahu pendapat mereka tentang media sekarang ini.

Sekarang tanggal 26 dan gaji bulanan sudah diterima. Maka bolehlah kiranya sa iseng-iseng bikin #SAYEMBARRA sederhana. . Ini diperuntukkan untuk temen-temen yang masih SMA. Untuk yang kelas XII, pas banget kan tuh kemarin baru selesai USBN (bukan Universal Serial Bus Nasional). Otak kalian mesti masih anget-angetnya untuk diajak mikirin negara. Dedek-dedek kelas X-XI juga boleh ikut. Kan, otaknya lebih jernih belum keracunan UN. Apa yang disyaratkan? Sungguh mudah, asik, dan perlu dilakukan .

✔ Pilih satu dari dua poster yang ada di samping. Lalu regram ke akun kalian .

✔Di kolom caption, utarakan pendapat kalian tentang: .
1. Seperti apa sih media yang baik itu? Dari segi konten informasinya dan kreativitas penyajiannya .
2. Ceritakan media (web/akun IG/OA LINE/channel YouTube) favorit kalian yang menurut kalian baik nan keren; jelaskan alasannya .

✔ Sertakan tagar #mediabaik dan #sayembarra yah . . .

Semoga kita sama-sama sepakat bahwa tema ini perlu diangkat. Informasi itu seperti air. Kita butuh air minum, tapi kita benci dibuat repot karena air banjir . Mengendalikan media pembuat banjir informasi dan menghargai yang memberi “minuman” bergizi adalah perlu adanya Sa menyiapkan 3 hadiah sederhana untuk 3 pemenang: tiga novel kesukaan saya yang selain asik untuk dinikmati, juga memicu pemikiran-pemikiran seru . Pemenang pertama berhak pertama kali memilih hadiah bukunya, lalu dilanjut pemenang kedua dan ketiga Tiap buku akan disertai dengan voucher jajan di Gramedia senilai Rp 50 ribu Ditunggu sampe Selasa yaaah. Selamat Minggu ~

A post shared by Riz Kiram (@terlalurisky) on

Sayembarra ini singkat adanya.  Kompetisi Dimulai Minggu ditutup Selasa.Ada 8 peserta. Pada Rabu pemenang sudah diumumkan.

Bikin media itu makin gampang, nggak perlu perencanaan matang-matang, cukup bikin akun Instagram. Jadi deh. Semua orang bisa punya senggaknya satu . Perkaranya, ketika media jadi banyak banget, kita kok jadi susah yah nemuin media yang otentik, baik dan kredibel. Apalagi media-media besar pun sekarang ini ikut doyan bikin konten yang banal. Gini deh, semua orang suka gorengan, tapi kalau sampe Pizza Hut jadi bikin bakwan Rp 500-an apa nggak janggal namanya? . Karena itu di #Sayembarra saya kemarin itu, saya ngangkat tema #mediabaik, dan pesertanya wajib kudu anak SMA. Pertama, saya pengen tahu gimana pandangan mereka tentang media saat ini. Kalian kan konsumen aktif media saat ini. Di luar kuasa untuk melike, dislike atau report suatu konten, kalian kudu punya kepedulian mengawasi konten media dengan baik dan kritis. Kedua, kalian-kalian inilah yang akan nentuin gimana media di masa depan.Ciye~ . Total ada 9 peserta yang ikut #sayembarra ini. Kesemua pendapatnya bikin saya senyum-senyum saat baca. Harapannya, kalian ikut ini bukan kerna hadiah, tetapi untuk nyebarin kepedulian.Sekarang ini saya cuma bisa memilih tiga untuk dimenangkan nih, tapi semoga di #sayembarra berikutnya hadiah bisa bertambah. Doain. Haha. Terima kasih semua. 😀

A post shared by Riz Kiram (@terlalurisky) on

Doain saya selalu punya ide dan rezeki agar Sayembarra ini bisa rutin digelar. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *